STP (Segmentation, Targeting, Positioning) Brand Mobil Toyota dan Suzuki
STP TOP 5 BRAND TOYOTA
Segmentation
·
Geografis
Perkotaan Segmentasi geografis produk Toyota yang
tepat untuk daerah perkotaan yaitu, Yaris, Agya dan Avanza. Alasannya karena
mobil-mobil tersebut memiliki kapasitas mesin, design yang prestigious untuk
digunakan diperkotaan.
Pegunungan Segmentasi geografis produk Toyota yang
tepat untuk daerah pegunungan yaitu Rush dan Fortuner. Alasannya karena
mobil-mobil tersebut memiliki kapasitas mesin yang besar yang cocok untuk
daerah tanjakan seperti wilayah pegunungan.
·
Demografis
Avanza
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Avanza
yaitu :
Ø Jenis kelamin : pria
Ø Usia : 25 tahun – 35 tahun
Ø Pekerjaan : Karyawan
Ø Penghasilan : 7juta < 10juta
Ø Jumlah anggota keluarga: memiliki dua anak atau lebih.
Yaris
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Yaris
yaitu:
Ø Jenis kelamin : pria dan wanita
Ø Usia : 18 tahun – 30 tahun
Ø Pekerjaan : mahasiswa dan karyawan
Ø Penghasilan : 8juta < 15juta
Ø Jumlah anggota keluarga: remaja, keluarga kecil yang
baru saja menikah, maupun yang sudah memiliki 1-3 anak.
Agya
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Agya
yaitu:
Ø
Jenis kelamin : pria
dan wanita
Ø
Usia : 18 tahun – 30
tahun
Ø
Pekerjaan : mahasiswa
dan karyawan
Ø
Penghasilan : 5juta –
10juta
Ø
Jumlah anggota
keluarga: remaja, keluarga kecil yang baru saja menikah.
Fortuner
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Fortuner
yaitu :
Ø Jenis kelamin : Pria
Ø Usia : 35 tahun – 45 tahun
Ø Pekerjaan : Pengusaha, memiliki jabatan tinggi dalam
sebuah organisasi.
Ø Penghasilan : 30juta – 40juta
Ø Jumlah Anggota Keluarga : memiliki dua anak atau
lebih.
Rush
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Rush
yaitu:
Ø Jenis Kelamin : Pria
Ø Usia : 25 tahun – 35 tahun
Ø Pekerjaan : Karyawan
Ø Penghasilan : 8juta < 15juta
Ø Jumlah anggota keluarga: memiliki dua anak atau lebih.
·
Psikografis
Kelas
Sosial : Toyota menawarkan produk dengan berbagai jenis kalangan. Seperti yang
diklasifikasi sebagai berikut ini:
Ø Avanza : kelas sosial menengah bawah
Ø Yaris : kelas sosial menengah atas
Ø Agya : kelas sosial bawah
Ø Fortuner : kelas sosial menengah atas
Ø Rush : kelas sosial menangah atas
·
Segmentasi Behavorial
Ø Sparepart Toyota yang mudah didapat dan cukup murah
sehingga harganya terjangkau
Ø Kaki-kaki mobil yang lebih awet dibandingkan dengan
pesaing
Ø Customer care 24 jam
Targeting
Yang menjadi target pasar pada Toyota adalah seluruh
masyarakat yang membutuhkan kendaraan roda empat dengan tawaran harga yang
bervariasi, serta jaringan after sales yang luas. Mulai dari harga yang
terjangkau untuk kalangan kelas bawah (Agya) menengah bawah (Avanza), menengah
atas (Yaris, dan Rush), hingga harga yang tinggi untuk kalangan kelas atas
(Fortuner).
Posititioning
Toyotahadir dengan rangkaian fitur sesuai kebutuhan
pelanggan dengan jaminan kualitasToyota dan akan didukung oleh jaringan after
sales resmi berstandart Toyotayang terluas dan terbanyak di seluruh Indonesia.
Dari segi design, Toyotamenampilkan design yang memberikan kesan dinamis,
efisiensi dan kuat pada mobilcompact car. Dan inilah yang akan menjadi
keunggulan produk ini yang diharapkandapat membangun brand image di mata
masyarakat.
STP TOP 5 BRAND SUZUKI
1. Ertiga
Segmentatation
Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy Tuilan,
menyatakan: setelah enam bulan dipasarkan, Ertiga berhasil membuktikan dirinya
sebagai produk unggulan, “Sampai Oktober 2012, total penjualan Ertiga sudah
28.000 unit dan sampai akhir tahun ditargetkan jadi 38.000 unit,”
Menurutnya, Ertiga terbukti sangat menarik bagi
konsumen Indonesia. Hal tersebut terbukti dari pangsa pasar yang makin
meningkat dari target awal hanya 15% menjadi 19% di segmen MPV murah. Selain
itu, prestasi Ertiga di kancah persaingan penjualan mobil tanah Air juga
dibuktikan dengan keberhasilan menduduki peringkat sembilan model terlaris
sepanjang tahun ini.
Segmentasi pasar yang paling cocok untuk mobil ertiga
ini adalah suatu keluarga kecil yang menginginkan kenyamanan saat berkendara,
yaitu dengan adanya 7 seat yang digunakan untuk duduk, sehingga sangat nyaman.
Selain itu harga yang di tawarkan begitu terjangkau untuk kalangan menengah
Targeting
Meledaknya permintaan Ertiga ini, lanjut Endro memang diluar perkiraan.
Kehadiran Ertiga ikut mengenjot penjualan Suzuki mulai dari rata-rata lima ribu
lebih unit perbulan, secara bertahap meningkat menjadi delapan ribu, 10 ribu,
12 ribu hingga saat ini menjadi 15 ribu perbulan.”Hadirnya Ertiga ini juga
membuat orang yang sebelumnya belum begitu mengenal Suzuki, semakin kenal
dengan unit lain seperti APV, Swift dan produk lainnya. Kami bersyukur, Ertiga
ini dianggap fenomena otomotif nasional,” katanya.
Target dari penjualan Suzuki ertiga ini adalah kalangan menengah ke atas atau
kalangan menengah, karena harga yang di tawarkan masih kisaran 150 juta sampai
250 juta. Jadi ini semua kalangan bisa menikmati mobil keluarga ini
Positioning
Dibenak pikiran konsumen, mobil ini termasuk mobil keluarga, karena memiliki
seat atau tempat duduk yang sangat banyak adalah 7 seat. Di samping itu, para
pembeli memiliki anggapan, bahwa mobil ini adalah mobil yang tidak begitu mahal
atau begitu murah, akan tetapi harganya standart.
·
Ignis
Segmentation
Tahun ini, pasar city
car dikagetkan oleh Suzuki Ignis yang terbilang
fenomenal. Model yang mulai didistribusi pada bulan ketiga 2017 ternyata langsung
menggebrak pasar dengan angka penjualan yang fantastis.
Dominasi Suzuki Ignis di pasar ini sekaligus membuat pangsa pasar pesaingnya
mengecil. Honda Brio, misalnya, meski berhasil menaikkan angka penjualan tetapi
penguasaan pasarnya di segmen ini turun dari sebelumnya 43% menjadi hanya 35%.
Targeting
Target dalam penjualan Suzuki Ignis yaitu para keluarga yang baru nikah atau
anak anak muda yang gaul seperti mahasiswa.
Positioning
Dibenak pikiran konsumen, mobil Suzuki Ignis ini sangat di senangi anak muda
yang suka dengan gaya, contohnya yaitu mahasiswa yang membawa kendaraan ke
kampus nya atau siswa SMA yang pergi ke sekolahnya.
·
Karimun Wagon R
Segmentation
Suzuki berusaha memenuhi kebutuhan kaum urban akan kendaraan yang kompak dan
cocok untuk menyusuri jalanan perkotaan yang terkenal padat. Untuk itulah,
setiap detail spesifikasi pada generasi baru Karimun ini begitu diperhatikan.
Segmentasi ini cocok untuk penyuka mobil city car.
Targeting
Target pasar mobil ini, yaitu kaum menengah kebawah karena harga nya yang
dibandrol sangat murah. Yaitu 70 jutaan sampai 120 jutaan.jadi harga
ini tergolong murah dengan tipe ini.
Positioning
Di benak pikiran konsumen mobil ini tergolong mobil city car, yang banyak
diminati anak muda dan pengantin baru. Dan tergolong harga yang cukup murah dengan
tipe mobil ini.
·
SX4 S-Cross
Segmentation
PT Suzuki Indomobil Sales (PT
SIS) meluncurkan SUV teranyar New SX4 S-Cross, sekaligus semakin memantapkan
posisi New SX4 S-Cross sebagai mobil crossover pilihan utama yang stylish,
premium dan tangguh, hari ini di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan,
Jumat (10/11/2017).
Peluncuran New SX4 S-Cross melihat tren global dan di
Indonesia, di mana pasar medium SUV menjadi salah satu kontribusi terbesar
penjualan otomotif roda empat yang mencapai 9,38 persen dari total pasar.
Targeting
Target utama segmen kami adalah segmen karyawan
kantoran, baik di pemerintahan maupun swasta dengan rentang usia 30-39 tahun,”
ujar Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales di
sela acara peluncuran.
Positioning
Dibenak pikiran konsumen, mobil ini tergolong mobil yang mahal, karena
hanya 2 bagian kursi, tetapi harga yang di tawarkan cukup mahal yaitu 268 jutasampai
290 jutaan. Jadi ini khusus orang orang yang kaya yang membeli mobil untuk
kesenangan saja.
·
Baleno
Segmentation
Kami ingin fokus, mau melengkapi line up (Suzuki) dengan produk, bukan dengan
varian. Harapannya, Baleno menaikkan penjualan Suzuki 5 persen, atau mencuri
pasar hatchback 10 persen,” ujar Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS 4W,
belum lama ini. Terobosan terbaru dengan diluncurkannya mobil baleno yang
dahulu sudah ada. Di upgrade menjadi baleno yang lebih bagus.
Targeting
Target pasar yang di tuju oleh Suzuki Baleno yaitu keluarga
menengah ke atas. Yang membeli mobil hanya untuk city car atau buat gaya aja.
Bukan untuk mobil kebutuhan.
Positioning
Di benak atau pikiran konsumen,mobil ini sangat cocok buat pengantin baru yang
mempunyai satu anak serta kaum kelas atas mahasiswa yang membawa mobil ini
ke kampus.
Komentar
Posting Komentar