STP (Segmentation, Targeting, Positioning) Brand Mobil Toyota dan Suzuki


STP TOP 5 BRAND TOYOTA
Segmentation
·         Geografis
Perkotaan Segmentasi geografis produk Toyota yang tepat untuk daerah perkotaan yaitu, Yaris, Agya dan Avanza. Alasannya karena mobil-mobil tersebut memiliki kapasitas mesin, design yang prestigious untuk digunakan diperkotaan.
Pegunungan Segmentasi geografis produk Toyota yang tepat untuk daerah pegunungan yaitu Rush dan Fortuner. Alasannya karena mobil-mobil tersebut memiliki kapasitas mesin yang besar yang cocok untuk daerah tanjakan seperti wilayah pegunungan.
·         Demografis
Avanza
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Avanza yaitu :
Ø  Jenis kelamin : pria
Ø  Usia : 25 tahun – 35 tahun
Ø  Pekerjaan : Karyawan
Ø  Penghasilan : 7juta < 10juta
Ø  Jumlah anggota keluarga: memiliki dua anak atau lebih.
Yaris
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Yaris yaitu:
Ø  Jenis kelamin : pria dan wanita
Ø  Usia : 18 tahun – 30 tahun
Ø  Pekerjaan : mahasiswa dan karyawan
Ø  Penghasilan : 8juta < 15juta
Ø  Jumlah anggota keluarga: remaja, keluarga kecil yang baru saja menikah, maupun yang sudah memiliki 1-3 anak.
Agya  
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Agya yaitu:
Ø Jenis kelamin : pria dan wanita
Ø Usia : 18 tahun – 30 tahun
Ø Pekerjaan : mahasiswa dan karyawan
Ø Penghasilan : 5juta – 10juta
Ø Jumlah anggota keluarga: remaja, keluarga kecil yang baru saja menikah.
Fortuner
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Fortuner yaitu :
Ø  Jenis kelamin : Pria
Ø  Usia : 35 tahun – 45 tahun
Ø  Pekerjaan : Pengusaha, memiliki jabatan tinggi dalam sebuah organisasi.
Ø  Penghasilan : 30juta – 40juta
Ø  Jumlah Anggota Keluarga : memiliki dua anak atau lebih.
Rush
Segmentasi pasar berdasarkan demografis pada Rush yaitu:
Ø  Jenis Kelamin : Pria
Ø  Usia : 25 tahun – 35 tahun
Ø  Pekerjaan : Karyawan
Ø  Penghasilan : 8juta < 15juta
Ø  Jumlah anggota keluarga: memiliki dua anak atau lebih.
·        Psikografis
Kelas Sosial : Toyota menawarkan produk dengan berbagai jenis kalangan. Seperti yang diklasifikasi sebagai berikut ini:
Ø  Avanza : kelas sosial menengah bawah
Ø  Yaris : kelas sosial menengah atas
Ø  Agya : kelas sosial bawah
Ø  Fortuner : kelas sosial menengah atas
Ø  Rush : kelas sosial menangah atas
·         Segmentasi Behavorial
Ø  Sparepart Toyota yang mudah didapat dan cukup murah sehingga harganya terjangkau
Ø  Kaki-kaki mobil yang lebih awet dibandingkan dengan pesaing
Ø  Customer care 24 jam
Targeting
Yang menjadi target pasar pada Toyota adalah seluruh masyarakat yang membutuhkan kendaraan roda empat dengan tawaran harga yang bervariasi, serta jaringan after sales yang luas. Mulai dari harga yang terjangkau untuk kalangan kelas bawah (Agya) menengah bawah (Avanza), menengah atas (Yaris, dan Rush), hingga harga yang tinggi untuk kalangan kelas atas (Fortuner).
Posititioning
Toyotahadir dengan rangkaian fitur sesuai kebutuhan pelanggan dengan jaminan kualitasToyota dan akan didukung oleh jaringan after sales resmi berstandart Toyotayang terluas dan terbanyak di seluruh Indonesia. Dari segi design, Toyotamenampilkan design yang memberikan kesan dinamis, efisiensi dan kuat pada mobilcompact car. Dan inilah yang akan menjadi keunggulan produk ini yang diharapkandapat membangun brand image di mata masyarakat.

STP TOP 5 BRAND SUZUKI
1.     Ertiga
Segmentatation
Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy Tuilan, menyatakan: setelah enam bulan dipasarkan, Ertiga berhasil membuktikan dirinya sebagai produk unggulan, “Sampai Oktober 2012, total penjualan Ertiga sudah 28.000 unit dan sampai akhir tahun ditargetkan jadi 38.000 unit,”
Menurutnya, Ertiga terbukti sangat menarik bagi konsumen Indonesia. Hal tersebut terbukti dari pangsa pasar yang makin meningkat dari target awal hanya 15% menjadi 19% di segmen MPV murah. Selain itu, prestasi Ertiga di kancah persaingan penjualan mobil tanah Air juga dibuktikan dengan keberhasilan menduduki peringkat sembilan model terlaris sepanjang tahun ini.
Segmentasi pasar yang paling cocok untuk mobil ertiga ini adalah suatu keluarga kecil yang menginginkan kenyamanan saat berkendara, yaitu dengan adanya 7 seat yang digunakan untuk duduk, sehingga sangat nyaman. Selain itu harga yang di tawarkan begitu terjangkau untuk kalangan menengah
Targeting
           Meledaknya permintaan Ertiga ini, lanjut Endro memang diluar perkiraan. Kehadiran Ertiga ikut mengenjot penjualan Suzuki mulai dari rata-rata lima ribu lebih unit perbulan, secara bertahap meningkat menjadi delapan ribu, 10 ribu, 12 ribu hingga saat ini menjadi 15 ribu perbulan.”Hadirnya Ertiga ini juga membuat orang yang sebelumnya belum begitu mengenal Suzuki, semakin kenal dengan unit lain seperti APV, Swift dan produk lainnya. Kami bersyukur, Ertiga ini dianggap fenomena otomotif nasional,” katanya.
        Target dari penjualan Suzuki ertiga ini adalah kalangan menengah ke atas atau kalangan menengah, karena harga yang di tawarkan masih kisaran 150 juta sampai 250 juta. Jadi ini semua kalangan bisa menikmati mobil keluarga ini
Positioning
                Dibenak pikiran konsumen, mobil ini termasuk mobil keluarga, karena memiliki seat atau tempat duduk yang sangat banyak adalah 7 seat. Di samping itu, para pembeli memiliki anggapan, bahwa mobil ini adalah mobil yang tidak begitu mahal atau begitu murah, akan tetapi harganya standart.
·         Ignis
Segmentation
           Tahun ini, pasar city car dikagetkan oleh Suzuki Ignis yang terbilang fenomenal. Model yang mulai didistribusi pada bulan ketiga 2017 ternyata langsung menggebrak pasar dengan angka penjualan yang fantastis.
         Dominasi Suzuki Ignis di pasar ini sekaligus membuat pangsa pasar pesaingnya mengecil. Honda Brio, misalnya, meski berhasil menaikkan angka penjualan tetapi penguasaan pasarnya di segmen ini turun dari sebelumnya 43% menjadi hanya 35%.
Targeting
                  Target dalam penjualan Suzuki Ignis yaitu para keluarga yang baru nikah atau anak anak muda yang gaul seperti mahasiswa.
Positioning
                  Dibenak pikiran konsumen, mobil Suzuki Ignis ini sangat di senangi anak muda yang suka dengan gaya, contohnya yaitu mahasiswa yang membawa kendaraan ke kampus nya atau siswa SMA yang pergi ke sekolahnya.
·         Karimun Wagon R
Segmentation
               Suzuki berusaha memenuhi kebutuhan kaum urban akan kendaraan yang kompak dan cocok untuk menyusuri jalanan perkotaan yang terkenal padat. Untuk itulah, setiap detail spesifikasi pada generasi baru Karimun ini begitu diperhatikan. Segmentasi ini cocok untuk penyuka mobil city car.
Targeting
            Target pasar mobil ini, yaitu kaum menengah kebawah karena harga nya yang dibandrol sangat murah. Yaitu 70 jutaan sampai 120 jutaan.jadi harga ini tergolong murah dengan tipe ini.
Positioning
               Di benak pikiran konsumen mobil ini tergolong mobil city car, yang banyak diminati anak muda dan pengantin baru. Dan tergolong harga yang cukup murah dengan tipe mobil ini.
·         SX4 S-Cross
Segmentation
PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) meluncurkan SUV teranyar New SX4 S-Cross, sekaligus semakin memantapkan posisi New SX4 S-Cross sebagai mobil crossover pilihan utama yang stylish, premium dan tangguh, hari ini di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017).
Peluncuran New SX4 S-Cross melihat tren global dan di Indonesia, di mana pasar medium SUV menjadi salah satu kontribusi terbesar penjualan otomotif roda empat yang mencapai 9,38 persen dari total pasar.
Targeting
Target utama segmen kami adalah segmen karyawan kantoran, baik di pemerintahan maupun swasta dengan rentang usia 30-39 tahun,” ujar Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales di sela acara peluncuran.
Positioning
          Dibenak pikiran konsumen, mobil ini tergolong  mobil yang mahal, karena hanya 2 bagian kursi, tetapi harga yang di tawarkan cukup mahal yaitu 268 jutasampai 290 jutaan. Jadi ini khusus orang orang yang kaya yang membeli mobil untuk kesenangan saja.
·         Baleno
Segmentation
           Kami ingin fokus, mau melengkapi line up (Suzuki) dengan produk, bukan dengan varian. Harapannya, Baleno menaikkan penjualan Suzuki 5 persen, atau mencuri pasar hatchback 10 persen,” ujar Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS 4W, belum lama ini. Terobosan terbaru dengan diluncurkannya mobil baleno yang dahulu sudah ada. Di upgrade menjadi baleno yang lebih bagus.
Targeting
            Target pasar yang di tuju oleh Suzuki Baleno yaitu keluarga menengah ke atas. Yang membeli mobil hanya untuk city car atau buat gaya aja. Bukan untuk mobil kebutuhan.
Positioning
            Di benak atau pikiran konsumen,mobil ini sangat cocok buat pengantin baru yang mempunyai satu anak serta kaum kelas atas mahasiswa yang membawa mobil ini ke kampus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep – konsep dan Teknik Capital Budgeting Metode Average Rate of Return beserta contoh soal dan pembahasan.